Perceraian di Kalangan Artis

Pernikahan Anang dengan Krisdayanti, salah satu diva yang dimiliki Indonesia, akhirnya berada di ambang perceraian. Anang merasa dikhianati oleh sang istri yang dituding bermain mata dengan seorang pengusaha dari Timor Leste, Raul Lemmos. Perceraian pasangan artis tersebut hanyalah salah satu dari sekian banyak perceraian yang terjadi di kalangan artis. Hal itu memang cerita klasik yang sering diekspos media massa, terutama acara infotainment.

Rentannya perceraian di kalangan artis sebenarnya bisa diduga dari awal. Gaya hidup merupakan salah satu faktor yang paling berperan dalam menyebabkan karamnya bahtera para artis. Betapa tidak, gaya hidup glamour yang berbiaya tinggi tentu tidak mudah untuk dijalani. Saat penghasilan dari dunia artis berkurang, sementara tuntutan gaya hidup artis tetap tinggi, tak pelak rumah tangga pun jadi terguncang.

Meski tak semua artis menjalaninya, gaya hidup glamour juga cenderung bersifat permisif. Kecemburuan adalah sesuatu yang tabu dalam dunia artis. Adalah lumrah seorang artis bercengkerama antara sesama artis bahkan dengan cara yang mesra. Cium kanan cium kiri adalah sesuatu yang tak boleh dicemburui. Pada gilirannya, lama kelamaan hal ini saja akan menimbulkan luka menganga di dalam hati sang pasangan artis. Bagaimanapun, hati manusia tak bisa dipungkiri. Sekecil apapun, terdapat rasa cemburu saat pasangannya bersikap mesra dengan orang lain.

Gaya hidup permisif tersebut pada akhirnya menjadi pintu masuk yang terbuka lebar untuk terjadinya perselingkuhan. Apalagi jika di dalam rumah tangganya sendiri, sang pasangan tak mampu memenuhi gaya hidupnya yang glamour. Saat terjadi perselingkuhan, perceraian pun menjadi solusi yang menyakitkan dan mengorbankan banyak pihak, termasuk anak-anak. Bahkan dalam beberapa kasus, anak-anak menjadi rebutan dari orang tua dalam menjalankan hak asuh.

Popularitas dan kelebihan materi juga menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi dalam diri artis. Kepercayaan diri yang berlebihan juga akhirnya menimbulkan egoisme yang tinggi. Sang artis kurang senang jika gaya hidupnya diatur oleh pasangannya, terutama pasangan yang bukan sesama artis. Apalagi jika penghasilannya lebih besar daripada pasangannya sendiri yang bukan artis. Tak ayal ini, hal ini hanya akan menjadi api dalam sekam. Pada saatnya, perceraian pun tak terhindarkan.

Meski sering terjadi perceraian, para artis juga terkadang seolah tak mau belajar dari pengalaman. Usai bercerai, mereka kembali mencari pasangan yang jauh dari kriteria ideal. Saat kembali menikah, alih-alih bisa menjalani rumah tangga harmonis, mereka kembali dihantam badai perceraian.

Seorang artis penyanyi yang juga kerabat dari Krisdayanti mungkin bisa dijadikan contoh. Pertama kali, ia menikah dengan seorang lelaki yang tidak jelas pekerjaannya. Orang tuanya pun tidak menyetujui. Selang beberapa bulan pernikahan, belang sang lelaki ketahuan. Lelaki yang tak jelas pekerjaannya itu berusaha memeras si artis dengan mengancam akan menyebarkan video hubungan intim mereka berdua. Akhirnya, pernikahan mereka pun berujung perceraian.

Kedua kalinya, si artis menikah dengan lelaki duda, mantan suami seorang penyanyi era tahun 80-an. Lelaki itu tidak seagama dengan si artis. Saat menikahi si artis, memang sang suami sedang berada di masa-masa jaya. Bisnisnya berjalan lancar. Seiring berjalan waktu, bisnisnya hancur dan ia berurusan dengan pihak berwajib bahkan pernah masuk penjara. Saat keadaan ekonomi keluarga mereka kian memburuk, masalah demi masalah pun muncul. Perbedaan agama yang selama ini ditutupi, akhirnya menyeruak ke permukaan. Akhirnya, perceraian pun menjadi keputusan akhir mereka berdua dalam mengatasi kemelut rumah tangga.

Kini setelah dua kali mengalami kegagalan dalam pernikahan, sang artis tak jua mencari lelaki yang betul-betul sesuai dengan dirinya. Ia justru menjalin hubungan kasih dengan seorang artis muda yang umurnya jauh di bawahnya. Perbedaan umur yang terlalu mencolok sangat mungkin menjadi batu sandungan dalam rumah tangga. Hal itu karena cara berpikir dan bertindak pada orang yang muda dan tua tentu berbeda. Apalagi jika yang lebih muda adalah pasangan lelaki dengan jarak perbedaan usia yang sangat jauh.

Bagaimanapun, artis juga manusia biasa. Mereka juga bisa terjebak dalam kemelut rumah tangga sebagaimana orang biasa. Namun artis adalah sosok public figure yang tingkah polahnya disorot masyarakat luas. Ia memiliki penggemar yang bisa meneladani apa yang ia lakukan. Seorang artis yang memiliki paras menarik dan kelebihan finansial tentu berbeda dengan seorang wanita desa yang berparas biasa-biasa saja. Dengan kelebihan finansial, popularitas, dan penampilan, artis memang rentan terjerumus dalam hal-hal yang bisa membahayakan rumah tangganya, seperti perselingkuhan.

Perceraian memang akan mudah terjadi jika kedua belah pihak, suami dan istri, tak memiliki jiwa besar untuk menerima kekurangan atau memaafkan kesalahan masing-masing pasangannya. Jika egoisme yang menjadi panglima di hati masing-masing, tak ayal perceraian hanyalah bom waktu yang siap meledak kapan saja. Langgengnya rumah tangga juga ditentukan oleh seberapa kuat seseorang mengatasi masalah demi masalah yang datang, baik dalam suka maupun duka, baik saat jaya maupun saat terhina. Jodoh bukanlah sesuatu yang taken for granted dari Tuhan. Namun, jodoh juga merupakan upaya keras dari pasangan suami istri untuk mempertahankan rumah tangganya.