Dibuka, Sekolah Pertanian Ganja

Pernahkah Anda mendengar sekolah yang mengajarkan tentang cara menanam ganja? Kalau belum pernah mendengar, sekarang Anda mengetahui bahwa ternyata ada sekolah seperti itu. Seperti dilansir http://www.upi.com, sekolah tersebut didirikan oleh Nick Tennant pada tahun ini di Michigan, sebuah negara bagian Amerika Serikat.

Setelah gagal mengelola sebuah bisnis pribadi yang ia mulai sejak lulus SMA, Tennant melirik bisnis lain. Sayang sekali, bisnis yang ia kelola adalah sekolah pertanian ganja. Sekolah itu bernama Cannabis Grow Med College.

Sekolah itu berlangsung selama enam bulan. Biaya yang harus dikeluarkan oleh seorang siswa sebanyak $ 485. Jika kurs rupiah sebesar 9500 per dollar, maka biaya sekolah itu sebanyak Rp. 4.607.500. Satu-satunya buku pegangan wajib yang digunakan dalam pengajaran adalah buku berjudul Marijuana Horticulture: The Indoor/Outdoor Medical Grower’s Bible karya Jorge Cervantes.

Tennant sendiri berkilah bahwa ia mengajarkan cara menanam ganja medis yang diperlukan dalam dunia kedokteran, bukan ganja biasa yang digunakan oleh para pencandu narkotika. “Negara ini (Amerika Serikat) membutuhkan banyak lapangan pekerjaan. Dan saya pikir, ganja medis dapat merangsang perekonomian negara dengan ratusan pekerjaan dan jutaan dolar,” kata Tennant saat ditemui wartawan koran lokal di sekolahnya yang terletak di pinggiran kota Detroit.

Menurut undang-undang terbaru di Michigan, bisnis pertanian ganja medis adalah sesuatu yang legal. Terdapat isitlah caregiver untuk pasien yang telah secara resmi diputuskan oleh dokter untuk mengonsumsi ganja. Bagi caregiver, diperbolehkan untuk menanam sendiri ganja hingga 12 batang guna memenuhi kebutuhannya sendiri atau untuk dijual kembali.

Sekolah itu diikuti oleh berbagai kalangan, termasuk siswa bernama Sue Maxwell yang sedang merawat seorang pasien wanita lanjut berusia 85. “Saya tidak tahu, apakah ia tertarik dengan ganja medis ini. Namun saya yakin, ganja bisa sedikit membantunya,” ujar Maxwell.

Akhirnya, semoga tidak ada orang Indonesia yang bersekolah di sana. Toh, masih banyak sekolah yang mengajarkan hal yang lebih baik daripada “sekedar” cara menanam ganja. Masih banyak pekerjaan yang lebih baik daripada menanam ganja. Hingga saat ini di Indonesia, menanam ganja, meski untuk kepentingan medis, tetaplah sesuatu yang melanggar hukum.